Senin, 29 April 2013

PERISTIWA-PERISTIWA PENTING MENJELANG DAN SETELAH BERAKHIRNYA PERANG DUNIA II


A.       PERISTIWA-PERISTIWA PENTING MENJELANG DAN SETELAH BERAKHIRNYA PERANG DUNIA II
a.      Revolusi Komunis 25 Oktober 1917
Sejarah terbentuknya Uni Soviet tidak dapat dilepaskan dari peristiwa 25 Oktober 1917 atau yang sering disebut dengan “Revolusi Komunis”.
Revolusi ini dipelopori oleh kaum Bolsyewiki (Sosialis radikal atau Komunis) yang dipimpin oleh Lenin dan Trotsky. Mereka menggulingkan pemerintahan kaum Mensyewiki atau sosiali moderat atau sosialis yang dipimpin oleh Kerensky. Kerensky tidak mendapat kepercayaan lagi dari rakyat Rusia setelah gagal menyerbu Jerman.
Pudarnya kepercayaan rakyat terhadap pemerintahan kaum Mensyewiki dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh kaum Bolsyewiki yang dipimpin oleh Lenin untuk merebut kekuasaan. Tanggal 25 Oktober 1917 kekuasaan kaum Mesyewiki jatuh ke tangan kaum Bolsyewiki.
b.    Terbentuknya Uni Soviet
Setelah berhasil menggunakan pemerintahan kaum Mensyewiki, Lenin menggunakan beberapa kali kebijakan untuk mengatur pemerintahan komunis di Rusia. Kebijakan itu diantaranya sebagai berikut.
1)   Tahun 1919 dibentuk komitern untuk memimpin komunisme internasional.
2)   Tahun 1921 Rusia berhasil mengajak Ukraina dan Belarusia untuk bergabung menjadi USSR (Union of Soviet Socialist Republic), yang di singkat Uni Soviet dengan ibu kotanya di Moskow. Tiga republik pendiri Uni Soviet ini kemudian berhasil mendesak negara-negara sekitarnya untuk bergabung dengan Uni Soviet.


c.       Sebab-sebab runruhnya Uni Soviet
Negara Uni Soviet yang beridir kokoh sejak tahun 1921 akhirnya runtuh pada akhir abad ke-20. Adapun sebab-sebab keruntuhan Uni Soviet adalah sebagai berikut :
·      Politik glasnot (keterbukaan) dan perestorika (pembaharuan) yang dikumandangkan oleh Mikhail Gorbachev mendorong timbulnya semangat baru bagi rakyat Uni Soviet untuk hidup bebas tanpa ada tekanan.
·      Timbulnya nasionalisme di negara bagian Uni Soviet akibat politik glasnot dan perestroika.
·      Sistem ekonomi yang sentralis tidak mampu membawa kesejahteraan bagi rakyat.
·      Sitem pemerintahan komunis yang diktator tidak sejalan lagi dengan arus kebebasan yang sedang berkembang pada saat itu.
·      Pembentukan Uni Soviet pada mulanya dilakukan dengan cara paksaan dan tekanan serta ancaman sehingga mudah rapuh.
·      Dominasi militer semakin berkurang sejak memburuknya ekonomi Uni Soviet.
·      Pengaruh komunis semakin pudar sejak politik glasnot dan perestroika berkembang padahal tegaknya Uni Soviet karena sistem komunis.
·      Sebab khususnya adalah ketika Boris Yeltsin (Presiden Rusia) mengeluarkan pernyataan yang berisi “Bahwa Uni Republik Sosialis Soviet sebagai subjek hukum internasional dan realita geopolitis dihapuskan eksistensinya”. Pengumuman ini disampaikan pada tanggal 8 Desember 1991, namun baru tanggal 25 Desember 1991 resmi dinyatakan Uni Soviet bubar ditandai dengan mundurnya Gorby.

1 komentar:

  1. TINNERS: How to use the T-Shirt - Titanium Bars
    TINNERS, a trademark and titanium trimmer as seen on tv official product remmington titanium of black titanium rings TINNERS Inc. is a titanium ion color trademark titanium cerakote of TINNERS Inc.

    BalasHapus